Minggu, 18 Maret 2012

Arti Sebuah Nama "Rifqi"

Sudah lama saya ingin mengetahui arti nama depan saya: Rifki. Ada beberapa versi yang saya dapatkan. Tetapi saya belum puas begitu saja. Setahun setelah saya mengenal facebook, keisengan saya muncul. Kenapa tidak saya tanya ke facebookers yang bernama sama ya, kenapa mereka diberi nama Rifki. Lalu, dengan fasilitas kemudahan membuat sebuah grup, maka saya create grup berjudul keren “Kumpulan RIFKI sejati“.Yang namanya kerjaan iseng, lagi semangat ya semangat, lagi nggak ya nggak. Akhirnya saya tidak terlalu banyak menyentuh Grup Facebook itu. Dan, sewaktu saya membuka lagi Grup itu, saya merasa bahagia. Ternyata sudah ada 80 orang yang bernama Rifki bergabung. Itu tanpa promosi loh, artinya itu murni karena mereka iseng-iseng search kata Rifki di facebook. Bagaimana jika dipromosikan.
Dari 81 anggota, ternyata nama Rifki dipakai juga oleh jenis gender perempuan, meski tidak menjadi nama awal. Ini cukup menarik bagi saya, karena praktis sebelumnya saya berasumsi bahwa Rifki itu adalah nama untuk laki-laki.
Lalu mengenai arti nama Rifki, beberapa respons dari para Rifki cukup nikmat dan membuat tersenyum ketika dibaca:
  • rifki artinya berteman atau ramah (arab) (Rifki Mohmd)

  • klo kta emak gw rifki artinya bijaksana lho (Rifki Balya)

  • Klo kata datuk gw, rifki tu aRtinya teman yg baik,. Klo kata guru gw, rifki artinya lemah lembut… :) (Muhammad Rifki)

  • yang pernah saya ketahui arti Rifki adalah orang yang Empati (Rifki Ramadhan)

  • rifki itu “pendamping”…kt ortu gw gt (Rifki D’enk Nurarifin)

  • katanya itu dari bhsa arab, rafiki yaitu teman pendamping yg baik. tpi gw malah gk puas dengan arti itu kyaknya lebih keren arti dari mas Rifki Feriandi deh. Rifky=Gentleman itu arti paling cihuylah.hahah (Rifky ferdiansyah)

  • Rifki = teman yang baik (Ahmad Rifqi Nurilmi)

  • teman/lembut/kasih sayang (Muhammad Rifqi Fu’ady)

  • Rifky = teman pendamping (Rifky Khaidir)
Beberapa komentar malah tidak membahas arti nama Rifki, malah menjurus ke fisik - tentunya yang positif dan membuat tersenyum bahagia:
  • yang namanya rifki tuh pasti ganteng” orangnya (Rifki Nugraha)

  • tp yakin deh namanya rifky orangnya baik-baik yah hehehe (Rifky Aulia Rahman)

  • Gak percaya, coba pelototin page anggota Rifki satu-satu, keliatan semuanya tipe baek-baek, dan ganteng-ganteng. Bedanya ada yang sekarang lagi ganteng-gantengnya, dan ada yang gantengnya sudah lewat wakakak ….(Rifki Feriandi)
Ada juga yang cerita singkat kelahiran sebuah nama:
Dulu tuh aslinya ma bokap gw mw dksi nama Ainur Rofiq…..Tp dah trlalu umum… penyanyi dangdut jg ada yg pke nama tuh…Terus digantilah nama gue menjadi AUNUR RIFKI….Jarang denger kan? Padahal secara ilmu nahwu (tata bahasa arab) artinya sama aja dgn Ainur Rofiq… (Aunur Rifki)
Ada beberapa yang unik juga dari beberapa orang Rifki Sejati:
  • ada yang ultahnya empat tahun sekali (Rifky Aulia Rahman)

  • ada yang namanya Rifki benar-benar Rifki, tanpa nama kedua, “namanya yang paling murni “rifki”tapi karena di fb harus ada nama belakang, olej karenma itu setelah menimbang dan memperhatikan makanya saya cantumkan nama suku di belakang nama rifki….! (Rifki Payobadar)

  • ada yang namanya sama atau hampir sama = Rifki Sani Maulana vs Rifki Sani vs Rifki Maulana. Bahkan nama Muhammad Rifki dengan segala jenis perbedaan hurufnya sudah digunakan tiga orang.
Yang makin membuat bibir tertawa bahagia adalah ketika membaca beberapa buah joke hasil kreasi para Rifki:
  • Hai Rifki Pa kabar? Denger-denger lo jadian yah ma Rifki! oh iya kemarin lo dapet salam dari Rifki

  • rifki apa kabar? masih inget si rifki ga? si rifki sekarang tinggal dimana?

  • sekarang rfiki udah punya istri ya? … tapi denger2 juga rifki udah punya suami juga???
Yang penting kerjaan iseng ini membahagiakan, karena selain memahami bahwa ada orang lain memakai nama yang sama, bisa sedikit bernarsis ria yang tidak negatif, bisa berkomunikasi - yang siapa tahu bisa berujung menjadi kopdar, dan terutama adalah adanya tambahan semangat baru dari sesama Rifki seperti komentar dari Rifki HandanaMaju para Rifki.. Semoga semua SUKSES & menjadi seperti yang di doakan..”.
Kawan. Sudahkah kawan memiliki atau bergabung dengan Grup pemilik nama yang sama? Tidak ada salahnya loh bergabung atau meniru, karena ternyata inilah cara narsis menyusuri nama diri yang membahagiakan.
Selamat mencoba.

Source : http://muda.kompasiana.com/2012/01/16/cara-narsis-abis-menyusuri-makna-nama-diri-di-facebook/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar atas Entri yang saya post-kan, mungkin ada yang ingin ditanyakan, Insya Allah saya bisa menjawabnya.